Injeksi

PEMBERIAN OBAT INTRAVENA
Salah satu cara pemberian obat yang biasa digunakan dalam kesehatan adalah pemberian obat intravena atau injeksi intravena. Injeksi intravena adalah pemberian obat dengan cara memasukan obat kedalam pembuluh darah vena dengan menggunakan spuit. Injeksi intravena banyak dilakukan untuk mengatasi keadaan gawat,dehidrasi dan syok.
Tujuan injeksi intravena antara lain:
a. Untuk memperoleh reaksi obat yang lebih cepat dibandingkan dengan injeksi parental     yang lain.
b. Untuk menghindari kerusakan jaringan.
c. Untuk memasukan obat dalam volume yang lebih besar.
Pemberian obat dengan injeksi intravena memberikan reaksi tercepat yaitu ±18 detik karena obat yang dimasukan melalui satu pembuluh darah langsung bereaksi menuju sel dan jaringan,sehingga efeknya lebih pesat dan kuat. Tetapi injeksi intravena dapat memberikan resiko,benda asing langsung ke pembuluh darah yang menimbulkan reaksi hebat mengakibatkan tekanan darah menurun mendadak hingga terjadi syok.

A. TEMPAT INJEKSI
Dalam pemberian injeksi intravena harus memperhatikan beberpa hal. Salah satunya yaitu tempat injeksi. Dibawah ini beberapa bagian tubuh yang biasa di berikan injeksi intravena:
1. Pada lengan
a. Vena basalika
Dimulai dari bagian ulnar jaringan vena dorsalis. Meluas kepermukaan anterior lengan cepat dibawah siku dimana bertemu vena mediana kubiti.
b. Vena sefalika
Berasal dari bagian radial lengan. Sefalika aksesorius dimulai pada pleksus
Vena jugularisdibelakang lengan depan atau jaringan vena dorsalis.

2. Pada Tungkal
Vena sapheneous
Merupakan vena yang panjang dan terbesar,dimulai disebelah dorsum kaki vena plantaris digitis dan menerima cabang-cabang vena.

3. Pada leher
Vena jugularis
Vena jugularis bermuara pada venakava superior. Vena jugularis interna dekstra atau sinistra menerima darah dari dasar otak. Sedangkan vena jugularis eksterna dekstra atau sinistra menerima darah dari daerah kepala bermuara pada vena inominata.
4. Pada kepala
Pemberian Injeksi pada kepala harus digunakan sesuai dengan kebijakan institusi dan keinginan dokter,Injeksi ini sering dipilih untuk diberikan pada bayi vena yang biasa digunakan adalah:
a. Vena frontalis
b. Vena temporalis

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s